Home / Pendidikan & Kesehatan / Dosen UMK Gelar Pelatihan Penyusunan Sistem Administrasi Taman Pendidikan Alquran
Make Image responsive

Dosen UMK Gelar Pelatihan Penyusunan Sistem Administrasi Taman Pendidikan Alquran

Dosen FKIP Arfin, S.Pd., M.Pd Saat Membawakan Materi Kepada Guru TPA. FOTO : Adam

 

SUARASULTRA.COM, KENDARI – Dosen Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menggelar pelatihan penyusunan sistem administarasi taman pendidikan alquran yang diikuti beberapa Guru TPA dari RT 07 Kelurahan Mataiwoi Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang dilaksanakan di Kampus UMK.

 

Dosen yang menyelenggarakan kegiatan tersebut, yakni Arfin, S.Pd., M.Pd dan Hermanto, S.Pd., M.Pd menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian yang diberikan kepada masyarakat.

 

Arfin mengatakan kegiatan pelatihan ini, sebagai upaya mendukung kinerja dosen dalam mewujudkan Caturdarma UMK. Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan yakni, komponen sistem administrasi TPA, Dokumen Admistrasi TPA, Manajemen TPA, dan Praktek menyususn dokumen administrasi TPA.

 

“Dengan pelatihan yang dilaksanakan ini, dapat memberikan pengetahuan lebih kepada Guru, sehingga dapat mengelola TPA dengan bagus,” ucapnya saat ditemui seusai membawakan materi. Minggu, (10/12).

 

Melalui materi tersebut lanjutnya, maka guru dan pengelola TPA dapat mengelola, menata, dan menyusun sistem administrasi secara professional, sehingga TPA memiliki mutu yang baik dan dapat memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

 

“Kerjasama antar pengelola sangat dibutuhkan, jangan tumpang tindih, sehingga TPA tersebut dapat dikelola dengan baik sesuai yang diharapkan,” ucap Dosen FKIP itu.

 

Arfin menuturkan, setelah pelatihan dilaksakan akan ditindak lanjuti dengan kegitan pendampingan selama tiga (3) bulan dalam memberikan bantun atas hambatan dalam menyusun sistem administrasi yang dialami oleh guru dan pengelola TPA.

 

“Dengan pendampingan tersebut, maka saya rasa tidak ada lagi masalah,” paparnya.

 

Untuk diketahui, dalam upaya mensuport guru dan pengelola untuk menyususn sistem administrasi TPA, maka diberikan bantuan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam menyusun sistem administrasi TPA, seperti printer, kartu santri, sertikat ijazah santri, buku kontol kemajuan bacaan santri, dokumen infentaris sarana dan prasaran TPA, buku kontrol, balpoin, tinta printer, kertas, dan masih banyak lagi.

 

Laporan : Adam

 

About redaksi

Make Image responsive
Make Image responsive
Make Image responsive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top